Posted by: stevanustanly | October 28, 2009

Self-Efficacy

Uda lama ga nulis2 lagi nih, maklum sibuk kuliah. Sekarang sih uda bebas dari ujian. Well, sebelum saya nulis mau minta ijin sama pembaca semua nih, “ehhh pembacee, maap maap aja dah nih kaloo ayee nulis kaga pake EYD..”

Kali ini gw pengen bahas tentang self efficacy, apa itu self efficacy? Menurut Bandura self Efficacy adalah belief atau keyakinan seseorang bahwa ia dapat menguasai situasi dan menghasilkan hasil (outcomes) yang positif (Santrock, 2001). Sedangkan menurut Wilhite (1990) dalam tesis yang berjudul Goal Orientantion, Self Efficacy dan Prestasi Belajar pada Siswa Peserta dan Non Peserta Program Pengajaran Intensif di Sekolah oleh Retno Wulansari tahun 2001, self efficacy adalah suatu keadaan dimana seseorang yakin dan percaya bahwa mereka dapat mengontrol hasil dari usaha yang telah dilakukan.

Gw sendiri batu tau tentang self efficacy ini kemaren malem pas lagi baca2 buku motivasi gt. Jadi ada seorang anak bernama Anthony Webb, ni anak lahir taon 86, beda setaon doang ama gw, tingginya 167.5cm, untuk ukuran bule mah termasuk pendeklah, wong gw aja orang asia tingginya 175an. Nah, si Webb ini punya mimpi menjadi pemain basket. Setelah berhasil menjadi atlet basket, doi bisa melakukan slam dunk setinggi 3.05m. Mantep ga tuh?? Nggak tanggung-tanggung, 3meter lumayan tinggi lho (coba deh ukur tinggi kamar lo aja brp??). Webb melakukan atraksi ini di final NBA Slam Dunk Contest yang merupakan ajang bertemunya maestro basket Amerika dan dunia.

Kenapa Webb bisa melakukan sesuatu yang oleh pemain basket yg lebih tinggi dari dia aja mungkin ga bisa?? Jawabannya terletak pada keyakinan diri dia bahwa dia bisa melakukannya. Berbekal keyakinan diri, Webb melakukan latihan keras melebih bobot latihan pemain lainnya.

So, Wanna try??

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: