Posted by: stevanustanly | August 6, 2009

Tips merawat Laptop

Walaupun dah banyak yang mbahas gpp toh dibahas kembali tapi kali ini dengan versi pengalaman pribadi :) . Laptop atau banyak yang bilang komputer jinjing gampang-gampang susah merawatnya, nah ini ada beberapa tips agar laptop selalu sehat baik hardware maupun softwarenya.

  1. Yang harus diperhatikan dalam merawat laptop adalah bahwa laptop jangan sekali-kali kita samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk laptop kalau bisa jangan sampai dipake berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain digunakan berjam-jam kalau laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja nah kalau ada komputer desktop mending gunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.
  2. Agar laptop awet pastikan laptop selalu pada kondisi yang aman dari panas, aliran udara yang bagus dikarenakan laptop sangat rentan terhadap debu dan panas, banyak masalah laptop yang terjadi dikarenakan masalah panas ini. Jangan gunakan laptop di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika laptop diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara.
  3. Agar batere awet untuk pemakaian yang lama dan kecendrungan listrik stabil tidak mati hidup lebih baik batere dilepaskan saja agar batere tidak diisi terus oleh listrik, dan jangan paksakan batere dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge jangan sampai nunggu mati sendiri karena keabisan batere. Kalau bisa ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda.
  4. Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD ini sudah terbukti pada saya LCD saya ada garis2nya kemungkinan karena kegencet tadi.
  5. Gunakan software-software yang aman dari virus (gunakan linux :) ) agar kita tidak selalu dipusingkan dengan install ulang dikarenakan selalu kena virus :) . Atau selalu gunakan anti virus yang baik.
  6. Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver laptop anda tersebut.
  7. Sebelum membeli selalu lihat kebutuhan anda akan laptop dan sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan dan budget anda sehingga anda akan puas memakainya.
    Sumber: Kak Eko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: