Posted by: stevanustanly | August 7, 2009

Menghilangkan Bosan

Belakangan ini gw suka jenuh n stress walau bukan di tempat kerja (secara gw blm kerja), bt suka dateng gt, biasa gara2 cape ato ada sesuatu yg buat kesel. Iseng2 gw search tips buat ilangin jenuh, akhirnya gw ketemu tips ttg ilangin bosen di tempat kerja. artikel dari Fidela Azka ini gw mo share buat tmn2…

Tips menghilangkan Jenuh dan Bosan Ditempat kerja :
1. Bikin minuman kesukaan Anda seperti kopi, teh, atau susu. Intinya minuman kesukaan Anda yang bisa menjadi penyemangat Anda dalam bekerja

2. Berjalan saat mencari makan siang. Pergi dengan berjalan kaki saat waktu istirahat makan siang dapat menjadi cara untuk me-refresh kembali penat yang ada di kepala Anda. Selain itu, udara dan pemandangan berbeda akan membuat Anda segar kembali untuk bekerja.

3. Berteman dengan rekan kerja. Hubungan personal juga penting untuk menjaga keharmonisan kerja. Bayangkan jika harus melihat musuh Anda saat bekerja. Oleh karena itu, membina hubungan kerja dengan rekan kerja diperlukan untuk menjaga kesegaran saat bekerja. Selain itu, terkadang juga butuh seseorang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai tugas.

4. Pajang foto keluarga atau gambar hewan kesayangan atau pemandangan yang indah. Terkadang dalam waktu tertentu atau saat tertekan dengan pekerjaan, kehadiran foto seseorang yang paling Anda cintai atau gambar kesayangan anda sangat diperlukan. Selain akan memberikan kenyamanan pada tempat kerja Anda, juga dapat menghilangkan tekanan kerja Anda karena kenangan pada foto atau gambar kesayangan.

5. Ciptakan lingkungan kerja yang bersih. Menjaga kondisi tempat kerja agar selalu bersih merupakan hal wajib untuk menjaga kestabilan kerja Anda. Tempat kerja yang kotor tentu membuat Anda cepat lelah dan tidak betah berlama-lama.

6. Jangan mengenakan pakaian yang menyiksa. Ketidaknyamanan dalam berpakaian karena dasi yang terlalu mencekik atau rok yang terlalu tinggi dapat membuat suasana kerja cepat bosan karena terpikir ingin segera pulang dan melepas baju yang membuat Anda tersiksa.

7. Posisikan diri senyaman mungkin. Terkadang lingkungan kerja yang bising mempengaruhi mood dan kinerja Anda. Untuk menyingkirkan kebisingan, tidak salah jika Anda mengenakan earphone untuk mendengarkan musik kesayangan Anda.

8. Bawa makanan kecil. Lapar menjadi salah satu pembunuh bagi kreativitas dan konsentrasi seseorang. Jadi usahakan Anda selalu membawa makanan kecil di tempat kerja.

9. Selalu berfikir positif, kalo bekerja itu sebagai ibadah atau memenuhi kebutuhan keluarga.

10. Selalu merasa bersyukur, karena anda dikasih kesempatan untuk bekerja, masih banyak orang yang diluar sana yang menjadi pengangguran.

11. Bila semua tips sudah dicoba tetap masih merasa jenuh dan Bosan, Cobalah melamar atau pindah kerja ditempat baru ( tapi harus mempunyai bekal ilmu dan pengalaman yang cukup )

Gw ada ambil tips biar ga bosen dikantor juga nih, dari kaskus, semoga bermanfaat…

* Buat prioritas
Ketika Anda tak dapat memusatkan pikiran ke pekerjaan, strategi terbaik adalah dengan menempatkan diri dalam autopilot. Rata-rata, setiap tiga menit para karyawan mengganti topik pekerjaan mereka, menjawab email yang masuk, menelepon, atau membuka dokumen baru. Mulailah dengan membuat daftar semua tugas yang harus dikerjakan. Susun tugas Anda berdasarkan prioritas. Selesaikan setiap tugas sebelum mengerjakan tugas berikutnya. Kedengarannya sangat sederhana, tetapi cara ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus.

* Istirahat
Setiap jam atau setiap menyelesaikan suatu tugas, sebaiknya istirahat selama 5 menit. Tinggalkan meja kerja dan hirup udara segar atau sekadar menyeduh segelas teh untuk menghangatkan tubuh. Bila keadaan memaksa Anda terbelenggu di meja kerja, gunakan waktu 5 menit untuk merenggangkan diri, berselancar di internet, main game solitaire, atau hanya sekadar menutup mata selama beberapa detik.

* Tidak mau diganggu
Orang yang suka mengganggu, biasanya pada saat-saat seperti ini jadi orang yang paling mengesalkan. Tunjukkan bahwa Anda sedang tak ingin diganggu. Bila punya ruangan sendiri, tutup pintu. Tunjukkan bahwa Anda sedang tak ingin diganggu. Bila tak punya ruangan sendiri, Anda dapat memperlihatkan sikap sibuk dengan memusatkan perhatian pada ketikan dan layar monitor komputer atau memasang earphone sambil bekerja. Jadwal ulang agenda rapat dan kurangi beban kerja yang berlebihan.

* Hindari kafein
Ada orang yang merasa dengan minum kopi dirinya akan menjadi lebih segar. Tetapi dia tidak menyadari, kafein dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan meningkatkan stres. Hindari mengonsumsi kafein. Sebaliknya, minumlah air putih yang banyak.

* Relaksasi
Olahraga rutin terbukti bisa mengurangi stres. Anda dapat menggunakan sedikit dari jam makan siang untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Keluarlah dari gedung dan jalan kaki. Lakukan latihan melemaskan otot-otot yang tegang. Angkat bahu setinggi mungkin, tahan beberapa detik, lalu lepaskan. Lakukan 10 kali dan perasaan tegang akan hilang. Tahan gerakan yang melepas hormon endorfin yang membantu menstimulasi kepekaan terhadap kesehatan.

* Tata ulang meja kerja
Cara Anda menata tempat kerja dapat membantu Anda merasa relaks. Menurut salah satu penelitian, menempatkan satu atau dua macam tanaman di tempat kerja dapat mengurangi stres dan memperbaiki produktivitas. Anda tidak memiliki jendela? Ciptakan hijau-hijauan artifisial. Foto keluarga atau foto yang paling Anda sukai atau bahkan kenang-kenangan pada waktu liburan yang paling mengesankan juga dapat memberikan tempat pelarian secara psikologikal.

* Mengkhayal
Kumpulkan brosur-brosur tentang liburan ke tempat-tempat yang sangat ingin Anda kunjungi atau tempat yang pernah dikunjungi. Bila sedang jenuh, keluarkan foto-foto tadi, tataplah, dan bayangkan Anda sedang berada di sana. Tutup mata dan bayangkan suara serta aroma tempat tersebut.

* Tarik napas
Bila sedang dilanda stres, kita cenderung menarik napas dengan cepat dan pendek-pendek. Lakukan sebaliknya, yaitu tarik napas dalam-dalam. Cara ini mengalirkan oksigen ke darah dan menenangkan pikiran.

* Sadari kenyataan
Semua orang pasti pernah merasakan betapa waktu berjalan sangat pelan. Anda tidak dapat dan tidak perlu menghindarinya. Terima kenyataan bahwa ada hari-hari di mana Anda tidak dapat memusatkan 100 persen perhatian pada pekerjaan. Jadi, ikutilah tips di atas tadi agar dapat melewati hari Anda, menunggu saatnya pulang kantor, kembali ke rumah, dan istirahat agar keesokan harinya Anda dapat memulai kembali hari dengan lebih baik.

Buat gw, yg paling ampuh sih berfikir positif ya, bt itu sebenernya bisa diatur kok, tergantung sikap hati kita aja. Lawan rasa bt itu, bisa kok, cobain deh..Gw uda buktiin..

Ada pengalaman lain dari tmn2 mungkin?? bisa dishare disini. Thx. GBU

Tetap semangat..Ganbatte


Responses

  1. co szukalem, dzieki


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: