Posted by: stevanustanly | August 21, 2009

Mau Sehat? Tirulah Gaya Makan Orang Negeri Tirai Bambu

Mau Sehat? Tirulah Gaya Makan Orang Negeri Tirai Bambu

detikHealth

img
(oceancitylibrary)

Jakarta, Orang-orang negeri tirai bambu ternyata sangat memperhatikan urusan makan serta pola hidup sehat dan seimbang. Mereka pun jarang terkena penyakit obesitas dan kardiovaskular seperti kebanyakan orang-orang barat. Apa rahasianya?

Pernahkah Anda memperhatikan cara makan orang-orang China? makanan apa yang biasa mereka makan? apa yang membuat mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit?

Kebanyakan orang yang takut dengan makanan-makanan China adalah mereka yang mengkhawatirkan pemakaian monosodium glutamat (MSG) berlebih dan juga mereka yang tidak suka masakan-masakan yang belum sepenuhnya matang.

Masakan-masakan China memang diketahui banyak menggunakan penyedap rasa, sampai-sampai gejala pada penyakit-penyakit yang muncul akibat kebanyakan MSG disebut Chinese Restaurant Syndrom (CRS).

Namun jangan melihat dari sisi MSG-nya, kita dapat meniru pola makan orang-orang China dari sisi lainnya. Bahkan Lorraine Clissold, pengarang buku ‘Why the Chinese Donat Count Calories’ menyatakan bahwa pola makan orang-orang China sangat sehat.

Lorraine merujuk pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang China hanya mengonsumsi 30 persen kalori dibanding negara-negara lain dan hal itu hanya akan menambah berat badannya kurang dari 20 persen.

Apa rahasianya?

1. Sayuran lebih berharga dari apapun
Bagi orang China, sayuran adalah segalanya. Sayuran sama berharganya dengan daging. Jika disuruh memilih, mereka akan memilih sayuran ketimbang daging meskipun harga sayur itu dinaikkan berapa kali lipat. Sayuran yang mereka makan biasanya lebih banyak porsinya daripada daging atau nasi sekalipun.

2. Gunakan prinsip ‘5 mangkok’

Orang-orang China mengonsumsi makanan dalam wadah yang berbeda-beda. Mereka percaya bahwa memisahkan makanan satu sama lain dapat mengontrol berat badan mereka. Biasanya mereka memisahkan makanan dengan mangkok yang berbeda, sesuai jenis makanan atau rasanya (manis, asin, asam, pahit, pedas).

3. Berpikir ‘Yin dan Yang’
Prinsip Yin dan Yang menjadi prinsip hidup serta pola makan mereka. Makanan-makanan ‘Yin’ adalah makanan yang dikukus dan memberikan efek menenangkan, sedangkan makanan ‘Yang’ biasanya adalah makanan yang dibakar dan dapat menghangatkan tubuh. Mereka jarang mengonsumsi makanan yang digoreng. Dengan prinsip Yin dan Yang, mereka yakin pola makannya akan seimbang.

4. Minum teh hangat
Mengonsumsi teh hangat akan membantu proses penguraian lemak dalam tubuh. Mereka menghindari teh dingin karena menurut mereka itu akan meningkatkan risiko obesitas dan kelesuan tubuh.


Responses

  1. Sepertinya ide menggunakan prinsip 5 mangkok akan susah diterapkan di Indonesia karena kita lebih cenderung praktis dalam menyajikan makanan. Bahkan rata2 makanan kita beraroma pedas. Elaborasi implementasi prinsip ini diperlukan supaya betul-betul bisa kita pahami. Semua berujung pada niat untuk meningkatkan gaya hidup sehat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: