Posted by: stevanustanly | May 24, 2010

Speed Reading for Knowledge Worker

Membaca adalah sesuatu hal yang mutlak bagi Knowledge Worker. Jika suatu perusahaan telah mengimplementasikan Knowledge Management System, seluruh Knowledge yang ada harus di search dan dibaca dengan hati-hati oleh Knowledge Worker agar knowledge yang disampaikan tidak diterima dengan makna yang berbeda.

Untuk itu saya ingin menshare sebuah buku yang Ada banyak bahasan yang dibentangkan dalam buku ini.

SPEED READING FOR BEGINNERS

Pada buku ini dibahas mengenai pengertian speed reading, dan beragam mitos yang melatarinya. Selain itu dibahas juga mengenai hambatan-hambatan utama dalam melakoni proses membaca : misalnya hambatan sulit konsentrasi untuk membaca, atau hambatan berupa sikap mudah “menyerah” ketika membaca buku yang relatif tebal, dan dengan topik yang rada-rada berat.

Setelah membahas beragam hambatan itu, buku ini kemudian segera memberikan serangkaian tips praktis untuk mengatasinya. Tak pelak rangkaian tips praktis ini telah menyodorkan manfaat yang tak terkira untuk mendorong kita tekun membaca buku.

Dalam bagian lain, buku ini juga membahas mengenai kebiasaan buruk dalam membaca, seperti vokalisasi (membaca sambil melafalkan apa yang dibaca melalui bibir), sub vokalisasi (membaca sambil melafalkan apa yang dibaca melalui hati), atau juga melakukan gerakan kepala.

Bagian penting lain dalam buku ini, saya kira terletak dalam pembahasan mengenai pentingnya menangkap setiap gagasan utama yang terkandung dalam suatu bab, paragraf atau lembar buku yang tengah dibaca.

Dengan kata lain, ketika Anda membaca paragraf demi paragraf, maka segera kuasai dan pahami ide utama yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Jangan terjebak pada detil yang bisa membingungkan Anda. Ketika Anda sudah bisa menangkap ide utama, maka hal-hal yang lebih detil bisa kemudian dikuasai dengan mudah.

Teknik yang bisa kita lakukan untuk merengkuh gagasan utama adalah dengan menangkap kata-kata penting dalam sebuah kalimat, dan meninggalkan kata-kata yang tidak terlalu penting. Apakah nanti akan ada pengertian yang hilang? Jangan khawatir, kita tidak akan kehilangan pengertian sedikitpun.

Dari sekian banyak kata dalam sebuah kalimat, sebuah paragraf, atau sebuah buku, maka akan selalu ada kata-kata penting dan utama yang menjadi pokok pikiran, serta kata-lata lain yang merupakan kata bantu yang jika dihilangkan tidak akan menghilangkan makna gagasan utama.

Teknik membaca lain yang disajikan dalam buku ini adalah apa yang disebut sebagai active reading. Membaca aktif ini mengandaikan kita telah memiliki sejumlah pertanyaan yang kita simpan di kepala, dan kita segera mengajukannya persis ketika kita membaca. Dengan menyiapkan serangkaian pertanyaan dalam benak kita, maka proses membaca dapat dilakukan secara efektif, cepat dan sekaligus membuat pemahaman kita menjadi lebih kokoh terbangun.

Melalui proses active reading, kita seolah didorong untuk melakukan “dialog” dengan penulis buku, dan berdasar pengalaman yang acap saya lakukan, proses membaca semacam ini biasanya akan meningkatkan level pemahaman kita akan gagasan pokok yang tercantum dalam sebuah buku.

Dengan ditopang oleh beragam penjelasan yang mendalam dan detil, buku speed reading ini tak pelak akan memberikan banyak manfaat bagi para penggiat kegiatan membaca. Dan bagi para penikmat buku, tak ada yang lebih indah selain menemukan teknik untuk bisa membaca dengan lebih cepat namun tetap efektif.


Responses

  1. Wah..nice share nih. Thx bro.

  2. Sama-sama Mas Santoso.

  3. Trims atas informasinya.🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: