Posted by: stevanustanly | May 25, 2010

Knowledge Best-Practice

Dibutuhkan best-practice dalam mengimplementasikan sebuah Knowledge management. Dengan adanya best-practice diharapkan dapat menjadi bechmark organisasi dalam pengembangan dan pembangunan Knowledge management. Ada beberapa best practice yang dapat dilakukan untuk meng-implementasikan Knowledge management di sebuah organisasi, antara lain:

  1. Identifikasi mana “Nilai” yang paling tinggi dari sebuah organisasi, kemudian di sesuaikan dengan kebutuhan organisasi tersebut untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan itu di dunia luar. Contohnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT Solutions harus selalu meningkatkan kemampuan mengelola portfolio apa yang sudah pernah mereka lakukan agar lebih dikenal di kalangan industri yang menggunakan jasa-nya. Dengan kemampuan mengelola portfolio di perusahaan berbasis IT Solutions dapat dipergunakan untuk kalangan internal agar dapat mencontoh success stories dari sebuah solusi yang pernah dikembangkan sebelumnya. Selain itu kegagalan-kegagalan yang terjadi dapat juga dijadikan sebagai senjata agar mereka tidak kembali mengulang kegagalan yang sudah pernah mereka dapat sebelumnya.
  2. Penjelasan yang detail belum tentu penting. Sebuah penjelasan yang terlalu “dalam” dari sebuah hirarki di dalam akar pengetahuan di organisasi dapat membuat terlalu banyaknya pekerjaan yang tidak penting dilakukan oleh seorang pengelola KM di organisasi. Oleh karena itu harus dilakukan pengamatan terlebih dahulu antara pengembangan keluasan dan kedalaman pengetahuan disesuaikan need and demand dari sebuah organisasi.
  3. Buka Forum untuk mencari pola. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk organisasi jika ingin menemukan pola yang tepat dari sebuah pendekatan yang sistematis untuk tukar menukar informasi jika hanya mengandalkan pengamatan belaka. Diperlukan sebuah perangkat tools yang sanggup untuk menjembatani proses tukar menukar informasi tadi, salah satu yang cukup mewakili adalah Blog dan Wiki. Kedua tools tadi dapat dijadikan sebagai ajang untuk mewakili suara dari setiap karyawan organisasi untuk membahas sebuah topik secara bertanggung jawab demi kepentingan perusahaan dengan mengurangi hambatan waktu dan tempat dalam pembahasan sebuah topik yang bersifat terbuka.
  4. KM harus sejalan dengan penerapan bisnis.Sebuah proses pekerjaan di organisasi seharusnya mempunyai standar kerja yang dijadikan sebagai patokan kecepatan dan kualitas pekerjaan tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang cepat. Proses KM yang benar dapat mempercepat waktu tempuh dalam pembuatan proses bisnis secara keseluruhan, sehingga dapat dijadikan alat pengukuran bagaimana mengetahui KM dapat memberikan ROI (Return of Investment) terhadap organisasi penaung-nya. Itu adalah tantangan bagi para praktisi informasi untuk dapat mencari cara-cara yang paling tepat agar mereka dapat melakukan efesiensi pekerjaan dalam mencari informasi yang tepat dan cepat.

Responses

  1. Terimakasih untuk infonya. Saya mau tanya sedikit nih krn kebetulan saya juga masih belajar mengenai KM:
    Bagaimana cara menentukan best practice? Lalu, karena semua perusahaan memiliki core business yg berbeda2, bagaimana menjadikannya best practice?
    Thx, ditunggu balasannya. WS

  2. Terima Kasih Ibu WS.
    Sebelumnya, yang dimaksud core business itu adalah inti bisnisnya. Jadi misalnya Bank A dan Bank B miliki core bisnis yang sama, yaitu Banking.
    Begitupun dalam memilih best-practice, harus dipilih yang sesuai dengan lini bisnis perusahaan, dan tentunya tidak sepenuhnya di tiru atau diterapkan diperusahaan kita. Perusahaan harus dapat dengan hati-hati memiliki bagian mana yang akan dijadikan best practice. Semua nya itu akan berbalik dari visi dan misi perusahaan itu sendiri.
    Sekian dari saya, semoga membantu. Terima Kasih

  3. Thanks for the information, Mr.Stanly.

  4. ok, terima kasih ya Bapak Stanly.🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: