Posted by: stevanustanly | May 25, 2010

Teknologi yang mendukung Knowledge management

Teknologi yang mendukung Knowledge management

  1. Artificial Intelligence (AI)

AI didefinisikan sebagai kecerdasan buatan yang dimasukkan ke dalam suatu entitas. Sistem ini umumnya dianggap komputer, karena kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan perkerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa metode berdasarkan kecerdasan buatan yang digunakan untuk Knowledge management systemantara lain system pakar (expert system), intelligent agent, logika fuzzy dan jaringan syaraf tiruan (neural networks).

  1. Intelligence Agents

Inteligence Agents merupakan sistem piranti lunak yang mempelajari bagaimana penggunanya bekerja dan menyediakan perantara (agent) untuk mengerjakan tugas-tugas yang dilakukan pengguna. Sebagai contoh, pada saat software intelligence agent mendapat perintah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user, perantara pasif akan mengamati informasi-informasi apa saja yang cocok dengan kemauan atau kepentingan user, sedangkan perantara aktif akan mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan pilihan-pilihan user. Dalam Knowledge management System, software ini dapat difungsikan untuk mengidentifikasi dan memperoleh berbagai pengetahuan.

  1. Knowledge Discovery in Databases (KDD)

KDD merupakan suatu proses untuk mencari dan menggali informasi-informasi yang berguna dari beraneka ragam banyak data-data dan dokumen. Banyak sekali data-data lama dan dokumen penting yang terpendam didalam database pada media penyimpanan yang berkapasitas besar sehingga dibutuhkan proses data mining yang ideal untuk memperoleh kembali data-data yang penting tersebut.

  1. Extensible Mark-up Language (XML)

XML merupakan bahasa mark-up serba guna yang menjadi standar dari world wide web consortium untuk mendiskripsikan berbagai macam struktur data, sehingga data dapat terproses secara tepat oleh system yang berbeda-beda tanpa harus melakukan proses programming lagi. XML tidak hanya dapat mengautomatisasi berbagai proses dan mengurangi pekerjaan tulis-menulis tetapi juga dapat berkolaborasi dan mendistribusikan pengetahuan yang lebih baik antar partner bisnis.


Responses

  1. apakah teknologi yang mendukung KMS sejauh ini hanya ini atau ada lagi yang baru mungkin muncul baru-baru ini?
    Terima kasih atas informasinya.

    keep it up.🙂

    • Ada pula pertanyaan ini, apakah intelligent agent bagian dari AI?
      terima kasih.🙂

      • Betul sekali, Intelligent Agent merupakan bagian dari AI.
        Terima Kasih.

    • Ini masih sebagian dari teknologi yang mendukung KMS. Nantinya KMS diharapkan akan aktif menjawab setiap permasalahan yang dihadapi user.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: